Mengenal Batu Mulia

Friday 16 September 2011

0
Mengapa Kita malas beribadah ????

Catatan Harian

Ketika menjalankan Ibadah terkadang terasa berat dan malas. padahal kalau kita mau merenungi aktivitas dunia ketika di bandingkan dengan ibadah sholat misalnya jauh lebih sedikit. Namun kenapa sholat lima waktu yang hanya memakan waktu hitungan menit terasa berat dan malas ??? Apa penyebabnya ??? dan Apa penangkal atau obatnya ???

Al- Habib Abdulah bin Alwy Al- Haddad mengatakan, penyebab malas dan berat untuk melakukan ibadah sholat misalnya ada 4 perkara dan penangkalnya atau obatnya ada 4 perkara juga.


1. Makanan yang haram


Makanan haram menjadi salah satu penyebab malas beribadah,  tubuh memerlukan nutrisi agar memiliki tenaga, ketika tubuh ini tidak ada asupan nutrisi maka badan akan terasa lemas. Saat tubuh ini di isi nutrisi maka badan akan bertenaga. faktor dari mana sumber nutrisi ini akan berpengaruh kepada energi yang dihasilkan. sebagai contoh sepeda motor ketika di isi bahan bakar ( bensin/premium) yang murni dan tidak tercampur air maka energi yang di hasilkan akan bagus dan motor akan dengan mudah bergerak. tapi sebaliknya ketika motor di isi oleh bensin/premium yang sudah tercampur air maka energi yang di hasilkan jelek dan motor akan berat untuk bergerak bahkan bisa jadi motor itu tidak berjalan bahkan mogok. Begitu pula tubuh kita ketika di isi oleh makanan yang halal maka kecendrungan untuk melakukan hal yang baik akan mudah dan lebih ringan karena energi yang di hasilkan baik pula.. sebaliknya ketika di isi oleh makanan haram maka kencendrungan untuk melakukan ibadah akan terasa berat dan malas, seperti halnya motor tadi.
Makanan haram ada dua katagory :

1. Haram secara Dzohir/ fisik seperti minuman keras, Daging, Darah dan lain lain yang menurut agama di haramkan.
2. Haram bukan fisik, makanan ini halal menurut fisik akan tetapi menjadi haram karena tidak benar cara mendapatkanya dan mengolahnya. contoh tempe halal akan tetapi menjadi haram ketika cara mendapatkanya salah. misal tempe itu di beli dari uang hasil korupsi maka tempe yang secara fisik halal menjadi haram. Cara pengobatanya dengan memakan makanan halal baik secara fisik maupun tidak.

2. Ilmu, ilmu atau pengetahuan menjadi salah satu faktor yang juga menyebabkan kita malas beribadah. dengan ilmu seseorang akan tahu ketika melanggar sholat itu sangat berdosa. maka orang itu akan segera melakukan sholat karena sholat merupakan keharusan dan bahkan kebutuhan sehingga dalam melaksanakannya akan terasa ringan dan tidak bermalas- malasan.Cara pengobatanya dengan tolabul ilmi agar pengetahuan kita semakin meningkat, karena semakin tidak tahu akan semakin berani melanggar.

3. Banyak berhayal/ merasa dirinya kekal/ tidak akan meninggal, ini faktor ketiga seseorang malas melakukan ibadah, ketika seseorang malas beribadah dan bermaksiat dia merasa dirinya akan kekal di dunia, atau merasa masih lama hidup, sehingga dia mau bebuat maksiat. Cara pengobatanya dengan mengingat mati dan akan di pertanggung jawabkan semua perbuatan ketika di dunia.

4. Iman yang lagi turun, ketika seseorang bermaksiat di pastikan imanya sedang melemah, kalau di biarkan bisa trus merosot dan bahkan nyaris hilang. cara pengobatanya dengan tolabul ilmi, atau ikut pengajian untuk memupuk iman.

Tambahan satu lagi dari Al- Habib Muhammad bin Alwy Al-Haddad, yaitu teman dekat atau lingkungan. ketika seseorang bergaul atau punya teman dekat yang rajin sholat (sholeh), dia akan terbawa rajin solat karena pasti akan di ingatkan dan slalu dinasehati dan di kasih contoh.

Wallah hualam bisawab

Mungkin itu sekelumit penyebab mengapa kita malas beribadah dan terasa berat mudah - mudahan bisa bermanfaat bagi wajah indonesia mania.

Dikutif dari Pengajian Darul Asrar asuhan Al- habib Muhammad bin Alwy Al-Haddad 

0 comments:

Post a Comment

 
. | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog