Mengenal Batu Mulia

Tuesday 11 February 2014

4
Mengenal Jenis Batu Mulia

Wajah-Indonesiaku, Jakarta - Belakangan ini benda - benda yang di anggap kuno atau benda kelenik dijadikan trend oleh kaula muda, sebagai contoh batu mulia dan batu akik. Untuk mengenal dan mengetahui jenis batu mulia dan batu akik serta mengetahui ciri - ciri batu asli atau bukan, Wajah indonesia akan mencoba mengulas, selamat menyimak. Lanjuuuut.
Jenis - jenis batu mulila :
1. Batu Badar Lumut
Badar lumut
Batu Badar Lumut (hakikat) adalah batu bukit atau batu gunung yang tergolong jenis batu alam (natural Stones Chalcedony). Disebut Badar Lumut karena batu ini di dalamnya ada lumut yang tumbuh. Jenis Lumut yang tumbuhpun ada yang hijau dan berwarna warni.


Badar Lumut Panca Warna


4. Batu Badar besi

Badar Besi
Batu Badar Besi ilmiahnya disebut batu magnesteen, dimana batu ini jika didekatkan kemagnet akan menempel. Batu Badar Besi memiliki kandungan ferum(fe) dengan kandungan oksigen yang tinggi, sehingga memiliki warna Coklat agak kehitaman. Kekerasan pada skala 5 - 6 mohs.

5. Batu Kecubung (Amethys)

Amethys Stones

Rough Amethys
Batu Kecubung atau Amethys biasanya berwarna ungu, namun ada warna lain yaitu merah jambu pink namun yang paling bagus yang berwarna ungu kebiruan. memiliki kekerasan 7 pada skala mohs. Jenis Batu ini termasuk Quartz. Quartz sendiri bisa di golongkan menjadi,

a. Snow Quartz (Kuarsa Salju)
Disebut Snow Quartz karena warnanya putih seperti salju.

Snow Quartz



b. Ice Quartz

Ice Quartz cendrung lebih bening dibanding Snow Quartz lebih tepatnya seperti Batu es makanya quartz jenis ini di sebut Ice Quartz.

Ice Quaartz

c.Clear Quartz (Kinyang Air)

Quartz tipe ini lebih bening dan jernih hampir seperti kaca sehingga di sebut clear Quartz. Clear Quartz paling bagus di banding Snow Quartz dan Ice Quartz.

Clear Quartz
6. Batu Mata Kucing
 
Cat's Eye Stone
Batu mata Kucing atau cat's eyes disebut demikian karena apabila dalam kegelapan dengan sedikit cahaya saja akan terlihat seperti mata hewan atau mata kucing. Batu ini biasanya berwarna coklat kehitaman, kuning madu dan hijau muda. Memiliki kekerasan 8 - 9 skala mohs. Batu ini banyak ditemukan di negara Afrika Timur, Rusia, Tanzania, Srilangka dan India.

Ciri Batu Mata Kucing Asli adalah garis ditengah apabila batu digerakan akan menjadi dua dan akan bergarak membuka dan menutup.
7. Batu Mata Harimau (Tiger's Eye Stone)

 
 
Batu ini tergolong dalam keluarga Quartz. Disebut Batu Mata Harimau karena jika terkena cahaya terlihat seperti mata harimau. Negara asal Afrika Selatan, Jerman Timur, Australia, Rusia dan Cina.
kekerasan batu ini 7 pada skala mohs. Batu ini memilliki warna kuning bercampur dengan warna hitam dan coklat.

8. Giok

Batu Giok telah di kenal sejak 10.000 tahun lalu, bahkan sejak jaman neolitikum di cina. Apakah Indonesia
memiliki Batu Giok ? Walaupun Gak Sama dengan Batu giok pada zaman neolitikum di Cina ?
Jawabanya Ya , Indonesia punya dan tidak kalah bagus, Sobat Wajah Indonesia Boleh berbangga dengan kekayaan alam Indonesia yang begitu lengkap. Giok Aceh, ternyata di ujung barat Indonesia ada batu Giok jenis batu giok Aceh sepengetahuan penulis ada dua, hitam dan hijau. Mungkin ada sobat yang tahu jenis lain bisa berbagi dengan wajah Indonesia.
Rough Giok Aceh

Keunikan Batu Giok Aceh adalah Warnanya yang selalu berubah, terkadang ada warna putih seperti awan yang selalu berubah bentuknya sungguh indah. sedangkan yang warna hitam jika di senter akan terlihat Hijau luar biasa.

Giok Aceh





4 comments:

BERITA BURUH said...

Subanallah

Mengenal Batu Permata said...

indonesia ternyata kaya akan batu permata

Tutorial said...

Ane punya nh batu aceh(tembus cahaya), ada 6kg( bahan), dijual borongan, minat 08990051002, 7CF918DE, barang ada dirawamangun, jakarta timur

wajah indonesiaku said...

Terima kasih buat sobat wajah indonesiaku silahkan bagi sobat yg lain jik ingin berkontribisi via email azzaamsolution@gmail.com

Post a Comment

 
. | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog